Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik di kelas IV SDN 04 Koto Tinggi Maek Kecamatan Bukik Barisan.

Marwisni, Bahtalezi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik di kelas IV SDN 04 Koto Tinggi Maek Kecamatan Bukik Barisan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_BAHTALEZI_MARWISNI_54264_5878_2014.pdf] Text
final_B1_6_BAHTALEZI_MARWISNI_54264_5878_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa guru dalam pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda belum mengembangkan model-model instrument vertikal yang bergerak dari prosedur informal ke bentuk formal. Selain itu guru juga belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan pembelajaran secara interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi dan negosiasi antar siswa. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik kelas IV SDN 04 Koto Tinggi Maek Kecamatan Bukik Barisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Koto Tinggi Maek Kecamatan Bukik Barisan yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi Hasil penelitian dapat dilihat dari rata-rata: 1) perencanaan siklus I adalah 82,15% kualifikasi baik sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 96,43% kualifikasi sangat baik. 2) pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I 73,44% kualifikasi cukup, pada siklus II meningkat menjadi 96,88% kualifikasi sangat baik. 3) pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa siklus I 71,88% kualifikasi cukup, pada siklus II meningkat menjadi 93,75% kualifikasi sangat baik. 4) hasil belajar siswa siklus I adalah 72,3 kualifikasi cukup, pada siklus II meningkat menjadi 87,71 kualifikasi sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:08
Last Modified: 01 Aug 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19709

Actions (login required)

View Item
View Item