Yeni, Wedrita (2012) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Magnet di TK Aisyiyah Nurul Islam Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WEDRITA_YENI_93970_153_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_WEDRITA_YENI_93970_153_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WEDRITA_YENI_93970_153_2012.pdf
Download (436kB)
Abstract
Permasalahan yang terliahat pada pembelajaran ini pada kegiatan permainan maget, hal ini menunjukan bahwa anak-anak sebelum dapat menghubungkan antara konsep dengan atau dengan jumlah bendanya. Tujuan penelitian ini adalh untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak terhadap konsep bialangan. Melalui permainan magnet. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). dengan subjek penelitian TK Aisyiyah Nurul Islam Pesisir selatan pada kelompok B1 yang berjumlah 16 orang anak. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dan masing-masing siklus ini terdiri dati tiga pertemuan. Pengumpulan data dikukan menggunakan teknik observasi,wancara dan teknik dokumentasi. Pengelolahan data dan persentase. Hasil penelitian pada setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Kognitif anak. Hal ini menunjukkan kemampuan Kognitif anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II.Pada siklus II kemampuan Kognitif anak menjadi meningkat serta menunjukkan hasil yang positif, kecenderungan peningkatan terbesar dicapai pada kemauan serta keberanian anak dalam melakukan permainan Magnet di TK Aisyiyah Nurul Islam Pesisir selatan sehingga hasil rata-rata kemampuan berhitung anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Ternyata kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan Magnet dapat meningkatkan kemampuan Kognitif anak di TK Aisyiyah Nurul Islam Pesisir selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permasalahan pembelajaran,Permainan magnet,bilangan, kognitif anak,Teknik observasi, wawancara, dokumentasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:52 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19664 |