Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Memainkan Rekorder dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Saputra, Andi Pradana (2012) Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Memainkan Rekorder dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANDI PRADANA SAPUTRA_01378_4694_2012.pdf] Text
final_B1_6_ANDI PRADANA SAPUTRA_01378_4694_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran seni musik masih terfokus pada penghafalan fakta dan konsep. Pemeblajaran belum dikaitkan dengan pengalaman peserta didik sehari-hari. Pembelajaran yang dilaksanakan cenderung berpusat pada guru dan tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktikkan kegiatan bermusik, sehingga belajar menjadi kurang bermakna. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan peserta didik bermain rekorder dalam proses pembelajaran seni musik di kelas IV SDN 02 Indarung. Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakn pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SDN 02 Indarung. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 02 Indarung, dengan jumlah peserta didik 30 orang, terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Sumber data pada penelitian ini meliputi, perencanaan, pelaksanaan ,dan penilaian pembelajaran. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, penilaian proses dan hasil, serta dokumentasi. Pada rancangan pembelajaran siklus I diperoleh skor 87% sedangkan siklus II meningkat menjadi 94%. Pada pelaksanaan pembelajaran, skor aktivitas guru siklus I diperoleh 71,5% dan siklus II meningkat menjadi 90,5%, skor aktivitas peserta didik siklus I diperoleh 66%, sedangkan siklus II meningkat menjadi 88%. Penilaian siklus I diperoleh skor 60% siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata nilai seluruh peserta didik 68.4, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meninglkat menjadi 84,3. Dari penilaian akhir pembelajaran, persentase yang diperoleh peserta didik terbukti mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa, pembelajaran seni musik memainkan rekorder dengan menggunakan pendekatan CTL di kelas IV SDN 02 Indarung meningkatkan keterampilan peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: eterampilan, Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:40
Last Modified: 01 Aug 2025 08:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19617

Actions (login required)

View Item
View Item