Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op di Kelas IV SD 09 VII Koto Sungai Sariak Kab. Padang Pariaman.

Sofia, Ana (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op di Kelas IV SD 09 VII Koto Sungai Sariak Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANA_SOFIA_83248_3227_2013.pdf] Text
final_B1_6_ANA_SOFIA_83248_3227_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran IPS di Kelas IV SD 09 VII Koto Sungai Sariak Kab. Padang Pariaman. Dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru masih menggunakan model ceramah, belum melibatkan partisipasi siswa secara langsung dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op di Kelas IV SD 09 VII Koto Sungai Sariak Kab. Padang Pariaman pada materi kenampakan alam dan persebaran sumber daya alam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap pertemuan dalam tiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari aspek RPP terjadi peningkatan yang dapat di lihat dari persentase perolehan yang terus meningkat dari siklus I: 84%, dan siklus II: 93%. kemudian hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru siklus I: 82%, dan siklus II: 92%. sedangkan hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa siklus I: 73%, dan siklus II: 85%. berdasarkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari rata-rata skor perolehan yang terus meningkat dari siklus I rata-rata hanya 75.28 dengan persentase ketuntasan 57% meningkat pada siklus II menjadi 85 dengan persentase ketuntasan 90.5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 09 VII Koto Sungai Sariak Kab. Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:38
Last Modified: 01 Aug 2025 08:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19604

Actions (login required)

View Item
View Item