Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar dengan Model Kooperatife Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SD Negeri 18 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Aliatri, Aliatri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar dengan Model Kooperatife Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SD Negeri 18 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ALIATRI_58369_1392_2013.pdf] Text
final_B1_6_ALIATRI_58369_1392_2013.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini berasal dari kenyataan di lapangan yaitu di SDN 18 Sungai Aur bahwa guru menggunakan Model Kooperatife Tipe Group Investigation (GI) sehingga pembelajaran tersebut siswa sulit memahami materi sifat-sifat bangun datar, yang mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Melihat fenomena di atas peneliti tertarik menerapkan Model Kooperatife Tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD. Tujuan penelitian mendeskripsikan rencana, pelaksanaan, dan hasil belajar sifat-sifat bangun datar dengan Model Kooperatife Tipe Group Investigation (GI) di kelas V SD Negeri 18 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini kualitatif dan kuantitatif . terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 18 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat Hasil penelitian menunjukkan Model Kooperatife Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa . siklus I pertemuan I perencanaan 50% kriteria kurang, pelaksanaan dari aspek guru 59% kriteria kurang, dan aspek siswa 59% kriteria kurang, siswa aspek kognitif 69,75 kriteria cukup, aspek afektif 65,55 kriteria cukup, aspek psikomotor 68,4 kriteria cukup, maka dilanjutkan pada siklus I pertemuan II perencanaan 67% kriteria cukup, pelaksanaan dari aspek guru 71% kriteria baik, dan aspek siswa 62% kriteria cukup, dan siswa aspek kognitif 77 kriteria baik, aspek afektif 74,2 kriteria baik, aspek psikomotor 76,8 kriteria baik, maka dilanjutkan pada siklus II aspek perencanaan 92% kriteria sangat baik, pelaksanaan dari aspek guru 93% kriteria sangat baik, dan aspek siswa 90% kriteria sangat baik, aspek siswa kognitif 83,1 kriteria sangat baik, aspek afektif 79,2 kriteria baik, aspek psikomotor 80,4 kriteria sangat baik. Telah terjadi peningkatan dari siklus I pertemuan I dan II ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Kooperatife Tipe Group Investigation (GI) hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatife Tipe Group Investigation (GI)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:30
Last Modified: 31 Jul 2025 08:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19353

Actions (login required)

View Item
View Item