Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Menggunakan Pecahan dalam Masalah Perbandingan dan Skala di Kelas V SDN 27 Sungai Sapih

Aprilia, Rinda (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Menggunakan Pecahan dalam Masalah Perbandingan dan Skala di Kelas V SDN 27 Sungai Sapih. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RINDA_APRILIA_1300494_3708_2017.pdf] Text
final_B1_06_RINDA_APRILIA_1300494_3708_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala belum sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan. Guru belum memulai pembelajaran dengan masalah yang dekat dengan siswa, belum menyelesaikan masalah berkelompok, dan siswa belum mengembangkan kemampuan berfikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Menggunakan Pecahan dalam Masalah Perbandingan dan Skala Di Kelas V tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 27 Sungai Sapih yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian ini ditetapkan 2 kelas dengan 54 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pretest dalam desain ini digunakan untuk menyetarakan kelompok sampel dengan menganalisis skor siswa kelas V melalui instrumen soal pretest berupa pilihan ganda. Sedangkan postest dilakukan untuk melihat pengaruh dari perlakuan setelah diberikan model PBL. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5% (0,05 diperoleh hasil ( ) 0,1228 sedangkan 2,6967.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar Menggunakan Pecahan dalam Masalah Perbandingan dan Skala yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean 78,11 dan mean yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 75,92. Dengan demikian disarankan kepada guru SD untuk menggunakan Model Problem Based Learning pada materi Menggunakan Pecahan Dalam Masalah Perbandingan dan Skala.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: roblem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Pecahan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:46
Last Modified: 30 Jul 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18909

Actions (login required)

View Item
View Item