Peningkatkan Hasil Belajar pada Keliling Bangun Datar dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri Situjuh Banda dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Afriyeni, Afriyeni (2012) Peningkatkan Hasil Belajar pada Keliling Bangun Datar dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri Situjuh Banda dalam Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AFRIYENI_52355_2296_2012.pdf] Text
final_B1_6_AFRIYENI_52355_2296_2012.pdf

Download (674kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi berdasarkan observasi yang dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Situjuh Banda dalam Kabupaten Lima Puluh Kota, bahwa pembelajaran keliling dan luas bangun datar jajar genjang dan segitiga yang dilaksanakan oleh guru selama ini lebih mendominasi pembelajaran tanpa mengikuti sertakan keaktifan siswa, menyuruh siswa menghafal rumus tanpa meminta siswa untuk menemukan sendiri rumus keliling dan luas bangun datar jajar genjang dan segitiga. Hal ini menyebabkan siswa kurang bergairah belajar, siswa merasa bosan, suasana belajar menjadi kurang menyenangkan. Siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Untuk itu diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk rancangan,pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar keliling luas bangun datar, jajar genjang dan segitiga dengan pendekatan Cooperative learning Tipe STAD dikelas IV SD Negeri 01 Situjuh Banda dalam Kabupaten Lima Puluh Kota.
Pelaksaan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Cooperative learning Tipe STAD. Ada 6 langkah yaitu: 1) Menyajikan kelas, 2)Kegiatan kelompok,3)Pemeriksaan hasil kelompok, 4)Tes secara individu, 5)Pemeriksaan hasil individu,6)Penghargaan kelompok.
Dari hasil yang telah peneliti dilakukan, pada siklus I pertemuan I diperoleh rata rata hasil belajar siswa mecapai 75,8 % atau 40%,siklus I pertemuan II diperoleh rata rata hasil belajar siswa mencapai 78,2% atau 70% dan seterusnya mengalami peningkatan, pada siklus II pertemuan I diperoleh rata rata hasil belajar belajar siswa mencapai 81,8% atau 75%,sedangkan siklus II pertemuan II diperoleh rata rata hasil belajar siswa mencapai 87,8% atau 95%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pendekatan Cooperative learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar jajar genjang dan segitiga di kelas IV SDN 01 Situjuh Banda dalam Kabupaten lima puluh kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Coorperative Learning Tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:13
Last Modified: 30 Jul 2025 03:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18680

Actions (login required)

View Item
View Item