Wetnawati, Wetnawati (2019) Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Pendekatan Self Directed Learning Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_WETNAWATI_15006052_4173_2019.pdf [thumbnail of B1_05_WETNAWATI_15006052_4173_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_WETNAWATI_15006052_4173_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kepercayaan diri sangat berpengaruh untuk meningkatkan potensi diri siswa. Siswa diharapkan memiliki keyakinan diri dalam belajar dan siswa yakin terhadap kemampuan yang dimilikinya. Pada kenyataannya kepercayaan diri siswa masih rendah, perlu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Fenomena di lapangan beberapa siswa malas dalam belajar karena menganggap dirinya tidak pandai, siswa enggan tampil ke depan kelas untuk menyampaikan pendapat, siswa takut bertanya dan menjawab pertanyaan guru karena takut salah, takut ditertawakan dan diejek oleh temannya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa salah satunya dengan memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling yaitu layanan penguasaan konten. Layanan penguasaan konten dapat dilaksanakan secara klasikal dan kelompok dengan menggunakan berbagai metode. Penelitian ini menggunakan layanan penguasaan konten dengan pendekatan self directed learninguntuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan format kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten dengan pendekatan self directed learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre experiment, menggunakan the one pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Padang pada kelas VIII sebanyak 12 orang siswa berdasarkan hasil pretest yang diberikan dengan kategori kepercayaan diri tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kepercayaan diri degan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik yang menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian memperhatikan bahwa skor pretest 1480 dan posttest 1951 Selanjutnya untuk uji hipotesis Asymp. Sig. (2-tailed) kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen sebesar 0,002 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 (0,002 ≤ 0,05) dari hasil tersebut diketahui bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan menggunakan pendekatan self directed learning efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Penguasaan Konten, Kepercayaan Diri, Self Directed Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18541 |