Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan CTL di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang.

Aspepi, Jumaiyus (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan CTL di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JUMAIYUS ASPEPI_00059_6749_2012.pdf] Text
B1_6_JUMAIYUS ASPEPI_00059_6749_2012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti pada pembelajaran IPA di SD Negeri 01 Bandar Buat, terlihat siswa menerima langsung materi dari guru, karena tidak dilatih untuk menemukan dan mengemukakan pendapatnya sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai ujian mid semester IPA 2011/2012 yang diperoleh skor rata-rata 6,2 dari KKM 7,0. Dari 34 siswa hanya 13 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh SDN 01 Bandar Buat. Karena itu peneliti berupaya untuk memperbaiki proses dan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan pendekatan CTL di kelas
IV SDN 01 Bandar Buat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data
peneliti di peroleh melalui pengamatan, tes dan catatan lapangan dengan menggunakan langkah-langkah pendekatan CTL yaitu, mengembangkan pemikiran siswa, laksanakan kegiatan inquiri, kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya, ciptakan masyarakat belajar, tunjukkan model sebagai contoh
pembelajaran, lakukan refleksi di akhir pertemuan, lakukan penilaian yang sebenarnya. Hasil penelitian siklus I memperlihatkan penilaian RPP sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 93%. Persentase aspek kognitif pada siklus I diperoleh 68% dan pada siklus II 84%. Aspek afektif pada siklus I diperoleh nilai 67% dan pada siklus II 82%. Aspek psikomotor pada siklus I sebesar 67% dan pada siklus II
82%. Dengan demikian, dikatakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:30
Last Modified: 29 Jul 2025 04:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18247

Actions (login required)

View Item
View Item