Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang.

Wasti, Sriana (2013) Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_14_SRIANA_ WASTI_74280_1200_2013.pdf.pdf] Text
B1_14_SRIANA_ WASTI_74280_1200_2013.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara operasional penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaranmengenai minat belajar, hasil belajar pelajaran tata busana dan mengungkapkanhubungan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran tata busana yangdidasarkan pada observasi awal yang telah penulis lakukan, bertempat di MadrasahAliyah Negeri 2 Padang. Hasil observasi menunjukkan rendahnya hasil belajar siswayang diduga disebabkan oleh minat belajar siswa pada mata pelajaran tata busana.Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang melihat,meninjau serta menggambarkan subjek yang diteliti apa adanya sehingga diperolehjawaban atas pertanyaan dari permasalahan yang diteliti. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas 2 IPS. Adapun teknik dalam menentukan sampel adalah simplerandom sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas 2 IPS. Data penelitian initerdiri dari data primer berupa angket dan data sekunder berupa data siswa dari nilaiasli siswa (Legar) hasil ujian semester tahun pelajaran 2012/2013. Analisa data dalampenelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment (Arikunto, 2002:146)dengan bantuan program SPSS versi.17Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian Minat belajar dengan hasilbelajar mata pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang memilikiKoefsien korelasi (rxy) yaitu sebesar 0,552 dengan arah hubungan positif (+). Artinya,semakin baik minat belajar (X) maka semakin tinggi hasil belajar siswa (Y). Hubunganini dapat dilihat dari nilai Probabilitas Sig. (0,000 < α 0,05), maka Ho ditolak. Jadikoefisien korelasi signifikan, artinya ada hubungan yang signifikan dan positif antaraminat belajar (X) dan dengan hasil belajar siswa (Y). Nilai t hitung (4,078) > dari ttabel (1,686) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari minat belajar terhadaphasil belajar siswa mata pelajaran tata busana di MAN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:02
Last Modified: 14 Feb 2025 02:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item
View Item