Syawirda, Syawirda (2019) Pengaruh Intensitas Belajar dan Modal Sosial terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Transaksi Pemasaran di SMKN 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SYAWIRDA_6029_15053050_2019.pdf [thumbnail of B1_01_SYAWIRDA_6029_15053050_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SYAWIRDA_6029_15053050_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1)
Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi
transaksi pemasaran di SMK Negeri 2 Pariaman (2) Pengaruh modal sosial
terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK
Negeri 2 Pariaman dan (3) Pengaruh intensitas belajar dan modal sosial hasil
belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK Negeri 2
Pariaman.
Jenis Penelitian ini tergolong pada penelitian asosiatif dengan populasi
yaitu seluruh siswa kelas XI dan XII yang berjumlah 145 orang. Sampel
penelitian ini diambil berjumlah 107 orang dengan teknik Proportional Random
Sampling. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pengamatan dan
observasi, sedangkan data sekunder yaitu data primer yang terkait dengan objek
penelitian yang disajikan oleh pihak lain. Teknik analisis data yang dipakai adalah
analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan teknik analisis
regresi berganda
Temuan penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh intensitas belajar
terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK
Negeri 2 Pariaman (sig 0,000 < sig. 0,05), (2) terdapat pengaruh modal sosial
terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK
Negeri 2 Pariaman (sig 0,001 < sigl 0,05), (3) terdapat pengaruh intensitas belajar
dan modal sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi
pemasaran di SMK Negeri 2 Pariaman (sig 0,000 < sigl 0,05). Kontribusi dari
variabel intensitas belajar dan modal sosial terhadap variabel hasil belajar adalah
sebesar 49%. Sedangkan sisanya 51% dipengaruhi oleh variabel lain selain
intensitas belajar dan modal sosial.
Penulis berharap siswa selalu berupaya untuk meningkatkan intensitas
belajar dan modal sosial mereka agar hasil belajar juga meningkat. Pihak sekolah
dan orang tua juga bersama-sama berupaya untuk memotivasi dan memfasilitasi
para siswa untuk meningkatkan intensitas belajar dan modal sosial karna dengan
peningkatan intensitas belajar dan modal sosial maka juga akan meningkatkan
hasil belajar siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:53 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16547 |