Yolanda, Firna (2020) Pengaruh Penggunaan Handout Materi Hukum Newton Bermuatan Kecerdasan Komprehensif pada Model Generatif Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X di SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FIRNA _YOLANDA_12055645_265_2020.pdf [thumbnail of B1_5_FIRNA _YOLANDA_12055645_265_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FIRNA _YOLANDA_12055645_265_2020.pdf
Download (5MB)
Abstract
Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kompetensi siswa adalahrendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran fisika. Salahsatu solusi yang akan mendukung tercapainya seluruh kompetensi fisika siswabaik dari kompetensi pengetahuan, sikap religius, sikap sosial, dan keterampilanadalah penggunaan handout. Handout yang dirancang dalam penelitian inibertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan handout materi hukum newtonbermuatan kecerdasan komprehensif pada model generatif learning terhadappencapaian kompetensi siswa kelas X di SMAN 5 Padang.Lembaran eksperimen semu dengan rancangan Randomized ControlGroup Only Design mempunyai populasi penelitian semua siswa kelas X SMAN5 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalahkelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelaskontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk kompetensipengetahuan, lembar observasi sikap dan lembar penilaian kinerja kompetensiketerampilan. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, ujiregresi linier sederhana, dan uji korelasi pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensipengetahuan, sedangkan untuk kompetensi sikap dan keterampilan menggunakangrafik.Berdasarkan analisis data diperoleh kompetensi siswa padakompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan padakelas eksperimen masing-masing untuk nilai sikap sosial kelas eksperimen 77,03;79,06; 81,5; 82,16; 88,03; 91,41 dan pada kelas kontrol masing-masing 77,97;79,28; 82,5; 83,31; 85,91; 88,06. Hasil ini memperlihatkan bahwa kelaseksperimen mempunyai kompetensi yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil ujikesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t, didapatkan thitung untuk aspekpengetahuan yaitu 3,31. Dapat disimpulkan penggunaan handout materi hukumnewton bermuatan kecerdasan komprehensif pada model generatif learningterhadap pencapaian kompetensi siswa kelas X di SMAN 5 Padang padakompetensi pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan pada kompetensi sikap,penggunaan handout bermuatan kecerdasan komprehensif pada model generatiflearning tidak memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi fisikasiswa kelas X SMAN 5 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HANDOUT, KECERDASAN KOMPREHENSIF, KOMPETENSI SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15431 |