Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia pada Mata Pelajaran Audio Video Di SMKN 1 Kec. Guguak.

Nurlidia, Nurlidia (2014) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia pada Mata Pelajaran Audio Video Di SMKN 1 Kec. Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NURLIDIA_13955_2967_2014(Autosaved).pdf] Text
B1_5_NURLIDIA_13955_2967_2014(Autosaved).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada matapelajaran audio video Kelas XI Multimedia (MM) di SMK Negeri 1 Kec. Guguak,19,60% siswa masih belum mendapatkan hasil belajar sesuai Kriteria KetuntasanMinimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran audio videoyaitu 70 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untukmengungkapkan kontribusi kecerdasan emosional dan kreativitas terhadap hasilbelajar pada mata pelajaran audio video Kelas XI Multimedia (MM) di SMKNegeri 1 Kec. Guguak. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yangbersifat deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 51 siswa dan sampel berjumlah34 siswa kelas XI MM SMKN 1 Kec. Guguak . Tahun Pelajaran 2012/2013.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling).Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran audio video Kelas XIMultimedia (MM) di SMK Negeri 1 Kec. Guguak . Sedangkan data kecerdasanemosional dan kreativitas dikumpulkan melalui angket dengan menggunakanskala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisismenggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007.Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kecerdasan Emosional memberikankontribusi sebesar 38,44% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kec.Guguak Tahun Pelajaran 2012/2013; (2) Kreativitas memberikan kontribusisebesar 11,97% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 kec. Guguak TahunPelajaran 2012/2013; (3) Kecerdasan Emosional dan Kreativitas secara bersamasama memberikan kontribusi sebesar 38,93% terhadap hasil belajar siswa SMKN1 Kec. Guguak, Tahun Pelajaran 2012/2013. Jadi dapat disimpulkan bahwaKecerdasan Emosional dan Kreativitas berkontribusi terhadap hasil belajar,semakin tinggi Kecerdasan Emosional maka hasil belajar akan semakin tinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL, HASIL BELAJAR, MULTIMEDIA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:10
Last Modified: 14 Jul 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item
View Item