Kontribusi Emotional Quotient (EQ) dan Cara Belajar siswa Terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran Teknik Televisi di SMKN 5 Padang.

Syahputra, Nico (2011) Kontribusi Emotional Quotient (EQ) dan Cara Belajar siswa Terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran Teknik Televisi di SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NIKO_SYAHPUTRA_66335_2011.pdf] Text
B1_5_NIKO_SYAHPUTRA_66335_2011.pdf

Download (98kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukandilapangan yaitu di SMKN 5 Padang, bahwa prestasi belajar siswa pada matapelajaran teknik televisi di SMKN 5 Padang pada semester ganjil tahun ajaran2010/2011 masih banyak dibawah kriteria minimum yang ditetapkan yaitu7,00. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusiEmotional Quotient (EQ) dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajarsiswa pada mata pelajaran teknik televisi di SMKN 5 Padang, baik kontribusiEQ dan cara belajar secara terpisah terhadap prestasi belajar maupun secarabersama-sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yangmenggunakan metode korelasional sebagai alat analisis hubungan. Adapundata primer yang dikumpulkan oleh penulis adalah melalui angket, sedangkandata sekunder diperoleh dari dokumentasi nilai siswa yang mengikuti matapelajaran teknik televisi di SMKN 5 Padang pada semester ganjil tahun ajaran2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada mata pelajaranteknik televisi tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 70 siswa, sedangkan sampelpenelitian diambil secara proportionate random sampling dengan jumlahsampel sebanyak 41 siswa yang dihasilkan dari rumus Taro Yamane. Datadianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Product and ServiceSolution) versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulanbahwa EQ memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 32.1%,dan cara belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar34,6%, serta kontribusi EQ dan cara belajar secara bersama-sama terhadapprestasi belajar pada mata pelajaran teknik televisi di SMKN 5 Padang padasemester ganjil tahun ajaran 2010/2011 adalah sebesar 48,6%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EMOTIONAL QUOTIENT, BELAJAR SISWA, PRESTASI BELAJAR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika-D3
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:54
Last Modified: 04 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item
View Item