Peningkatan Kemampuan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Menari Di Kelompok B8 Taman Kanak-Kanak Islam Jam’iyyatul Hujjaj

Maisisfi, Elfa (2014) Peningkatan Kemampuan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Menari Di Kelompok B8 Taman Kanak-Kanak Islam Jam’iyyatul Hujjaj. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ELFA_MAISISFI_58818_558_2014.pdf] Text
B1_4_ELFA_MAISISFI_58818_558_2014.pdf

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan terhadap anak
kelompok B8 TK Islam Jam’iyyatul Hujjaj pada akhir semester II tahun pelajaran
2012-2013. Berdasarkan hasil pengamatan kemampuan motorik kasar anak masih
terlihat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik
kasar anak, khususnya dalam aspek 1) bergerak bebas sesuai irama musik, 2)
berputar dengan terarah dan 3) melakukan gerakan melompat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian anak kelompok B8 yang berjumlah 18 orang dan setting penelitian
selama 2 bulan dimulai pada awal Oktober s/d awal Desember 2013 Pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, dengan alat pengumpul data pedoman
observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan motorik
kasar anak setelah melakukan kegiatan menari mengikuti irama musik. hampir
semua anak memiliki kemampuan sangat mampu dalam melakukan gerakangerakan
yang membutuhkan kemampuan motorik Kasar. maka disimpulkan
bahwa kegiatan menari mengikuti irama musik dapat meningkatkan motorik kasar
anak sangat tinggi, dan disarankan kepada pendidik, pengelola dan peneliti
selanjutnya agar dapat menggunakan kegiatan menari mengikuti irama music
guna untuk mengembangkan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:05
Last Modified: 01 Jul 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14944

Actions (login required)

View Item
View Item