Kontribusi Karakteristik Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar Elektronika ( MDE) di SMK Adi Karya Ranah Pesisir.

Ermadaleni, Ermadaleni (2011) Kontribusi Karakteristik Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar Elektronika ( MDE) di SMK Adi Karya Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ERMADALENI_08160_2011.pdf] Text
B1_5_ERMADALENI_08160_2011.pdf

Download (219kB)

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terlihat dilapangan dalam proses belajarmengajar di kelas X SMK Adi Karya Ranah Pesisir, diperoleh data bahwa dari 70siswa yang ada, lebih dari 63% siswa memperoleh nilai rata-rata < 70 dan hanyasebagian siswa yang mendapatkan nilai rata-rata ≥ 70. Hal ini diduga karenafaktor karakteristik kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Kriteria penilaianpada kurikulum SMK Adi Karya Ranah Pesisir menyatakan bahwa batas nilaiminimum untuk hasil belajar kategori baik ditetapkan dengan nilai 70 .Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengungkapkan : Kontribusi karakteristik kepribadianguru terhadap hasil belajar Teknik Audio Video siswa kelas X SMK Adi KaryaRanah Pesisir Tahun Pelajaran 2010/2011, Kontribusi motivasi belajar siswaterhadap hasil belajar Teknik Audio Video siswa kelas X SMK Adi Karya RanahPesisir Tahun Pelajaran 2010/2011, Kontribusi karakteristik kepribadian guru danmotivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Teknik Audio Video siswa kelas XSMK Adi Karya Ranah Pesisir Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian iniadalah deskriptif korelasional dengan sampel teknik total sampling, dimanasebanyak 70 siswa. Data diperoleh melalui angket model skala likert dandianalisis dengan statistik analisis korelasi sederhana dan korelasi gandamenggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi15.0. Hasil penelitian ditemukan bahwa: Terdapat kontribusi karakteristikkepribadian guru terhadap hasil belajar siswa secara signifikan sebesar 14%,terdapat kontribusi motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar secara signifikansebesar 27% dan terdapat kontribusi karakteristik kepribadian guru dan motivasibelajar siswa terhadap hasil belajar secara signifikan sebesar 28%. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa karakteristik kepribadian guru dan motivasibelajar siswa merupakan dua faktor yang turut menyumbang terhadap hasil belajarsiswa kelas X SMK Adi Karya Ranah Pesisir Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal iniberarti semakin baik karakteristik kepribadian guru dan motivasi belajar siswamaka hasil belajar siswa pun akan cenderung semakin baik, begitu pulasebaliknya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN GURU, HASIL BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:52
Last Modified: 26 Jun 2025 04:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14779

Actions (login required)

View Item
View Item