Chairunnisa, Vinda (2013) Hubungan antara Manajemen Diri dengan Hasil Belajar Siswa di SMA N 1 Sungayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ VINDA_ CHAIRUNNISA_96082_5329_2013.pdf [thumbnail of B1_05_ VINDA_ CHAIRUNNISA_96082_5329_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ VINDA_ CHAIRUNNISA_96082_5329_2013.pdf
Download (6MB)
Abstract
Manajemen diri adalah salah satu hal penting dalam mencapai hasil belajar yang baik dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa, karena dengan manajemen diri siswa dapat mengatur dan menata kehidupannya, menentukan tujuannya sendiri dan memberikan penguatan sendiri dalam perilakunya sehari-hari. Oleh karena itu siswa harus memiliki kemampuan memanajemen dirinya terutama dalam belajar, demi mencapai hasil belajar yang memuaskan. Namun fenomena yang ada dilapangan masih banyak siswa yang belum mampu memanajemen diri sehingga hasil belajarnya tidak memuaskan.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen diri, hasil belajar dan hubungan antara manajemen diri dengan hasil belajar siswa di SMA N 1 Sungayang, Kab. Tanah Datar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 1 Sungayang kelas X dan XI tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 302 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan Stratified Random Sampling yang berujumlah 172 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang diolah dengan menggunakan teknik statistik dan menggunakan rumus Korelasi Sperman Rank.
Hasil Penelitian ditemukan: (1) manajemen diri siswa dapat dikategorikan baik (2) hasil belajar siswa dapat dikategorikan baik (3) hasil analisis korelasional menunjukkan bahwa terdapat adanya hubungan yang signifikan antara manajemen diri dengan hasil belajar siswa di SMA N 1 Sungayang, Kab. Tanah Datar dengan nilai koefisien X dan Y yaitu 0,829 dengan taraf signifikasi 0,01 dengan jumlah responden 172 dan berada pada tingkat sangat kuat.
berdasarkan hasil peneltian ini disarankan kepada Guru Bimbingan dan Konseling agar memberikan layanan yang berhubungan dengan manajemen diri, agar siswa dapat mengembangkan manajemen dirinya terutama dalam belajar, yaitu melalui layanan informasi, penguasaan konten, dan bimbingan kelompok
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Diri Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:53 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14774 |