Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan pembuatan Mind Map di Kelas IV SD Negeri 28 Parit Rantang Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh

Fitri, Eka Maidia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan pembuatan Mind Map di Kelas IV SD Negeri 28 Parit Rantang Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_EKA_MADIA_FITRI_93592_2637_2013.pdf] Text
B1_4_EKA_MADIA_FITRI_93592_2637_2013.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa
pembelajaran sering di dominasi oleh guru dan masih melaksanakan pembelajaran
secara konvensional. Berdasarkan pengamatan ditemukan hasil belajar IPS siswa
masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin
mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembuatan Mind Map dalam
pembelajaran IPS di kelas IV SDN 28 Parit Rantang Kec. Payakumbuh Barat
Kota Payakumbuh
Teknik Mind Map ini dilakukan melalui tujuh tahap yang dimulai dengan
guru menyampaikan materi pembelajaran,siswa mulai menulis dari bagian tengah
kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar,menggunakan gambar
atau foto untuk ide sentral,gunakan warna,membuat cabang–cabang utama dan
menghubungkannya dengan gambar pusat dan menghubungkan cabang–cabang
tingkat dua, tiga, dan seterusnya ke cabang–cabang utama, membuat garis hubung
yang melengkung, bukan garis lurus,menggunakan satu kata kunci untuk setiap
garisnya,menggunakan gambar pada setiap cabang–cabang yang ada pada Mind
Map.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II
dilaksanakan I kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 28 Parit
Rantang Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. dengan subjek penelitian
siswa kelas IV SD yang berjumlah 29 orang. Nilai siklus I pertemuan I dengan
persentase 70 % dan pada pertemuan II 78%. Pada siklus I persentase nilainya
86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan
pembuatan Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 28
Parit Rantang Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:20
Last Modified: 26 Jun 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item
View Item