Friska, Ellina (2013) Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Aplikasi Instrumentasi BK: Studi deskriptif terhadap Siswa SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ELLINA_FRISKA_88068_6769_2013.pdf [thumbnail of B1_5_ELLINA_FRISKA_88068_6769_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ELLINA_FRISKA_88068_6769_2013.pdf
Download (343kB)
Abstract
Aplikasi instrumentasi merupakan kegiatan menggunakan instrumen untukmengungkapkan kondisi sesuatu, baik melalui instrumen tes maupun non-tes.Hasil aplikasi instrumentasi ini kemudian ditafsirkan, disikapi dan digunakanuntuk memberikan perlakuan terhadap klien dalam bentuk layanan konseling ataukegiatan pendukung lainnya. Kenyataan di lapangan masih ada siswa yang tidakmerasakan manfaat dari aplikasi instrumentasi BK yang diadministrasikan olehguru BK. Masih ada beberapa siswa yang tidak paham untuk apa diadministrasikan instrumentasi BK, Siswa juga tidak pernah tahu bagaimana hasilinstrumentasi BK tersebut karena hasil instrumentasi BK tidak disampaikankepada siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Persepsi siswa tentangpengadministrasian instrumentasi BK Sosiometri, AUM Umum dan AUMPTSDL, 2) Persepsi siswa tentang tujuan pelaksanaan aplikasi instrumentasi BKSosiometri, AUM Umum dan AUM PTSDL, 3) Persepsi siswa tentang manfaatpelaksanaaan aplikasi instrumentasi BK Sosiometri, AUM Umum dan AUMPTSDL.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasipenelitian berasal dari kelas IX SMP Negeri 1 Rao yang terdaftar pada tahunpelajaran 2013/2014 berjumlah 234 orang terbagi dalam 6 kelas. Sampel diambilmenggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling, sehingga didapatjumlah sampel sebanyak 100 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalampengumpulan data adalah angket dan diolah menggunakan statistik sederhanayaitu teknik persentase.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi siswa tentangpengadministrasian sosiometri, AUM Umum dan AUM PTSDL berada padakategori Kurang Baik, kemudian persepsi siswa tentang tujuan pelaksanaansosiometri, AUM Umum, dan AUM PTSDL berada paa kategori Kurang Baik,selanjutnya persepsi siswa tentang manfaat pelaksanaan sosiometri,AUM Umumdan AUM PTSDL berada pada kategori Kurang Baik, Secara keseluruhan,persepsi siswa tentang pelaksanaan aplikasi instrumentasi BK di SMP Negeri 1Rao pasaman yaitu berada pada kategori kurang baik.Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada gurupembimbing untuk mengoptimalkan pelaksanaan aplikasi instrumentasi BK,Kepala Sekolah agar memfasilitasi semua yang berkenaan denganpenyelenggaraan aplikasi instrumentasi BK serta Staf pengajar BK FIP UNP, agarmeningkatkan keterampilan lulusan dalam mengaplikasikan instrumentasi BK disekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | APLIKASI INSTRUMENTASI, BIMBINGAN KONSERLING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14586 |