Widiyana, Efrita (2022) Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa melalui Penggunaan Metode Mind Mapping di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sutera. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_EFRITA_WIDIYANA_18020081_501_2023.pdf [thumbnail of B1_5_EFRITA_WIDIYANA_18020081_501_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_EFRITA_WIDIYANA_18020081_501_2023.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk: 1). Meningkatkan minat siswa dalampembelajaran seni rupa melalui penggunaan metode Mind Mapping di kelas XIIPA 2 SMAN 1 Sutera. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaranseni rupa melalui penggunaan metode Mind Mapping di kelas XI IPA 2 SMAN 1Sutera.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelas (PTK), yang dilaksanakan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sutera yangterdiri dari 36 siswa, dengan materi pembelajaran menganalisis konsep, unsur,prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa, yang dilaksanakan sebanyakdua siklus dimana setiap siklus memiliki 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan,observasi, refleksi. Instrument penelitian yaitu tes hasil belajar siswa, tesmembuat Mind Mapping, angket minat belajar, lembar observasi aktivitas guru,lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan programSPSS.Hasil penelitian menunjukkan 1) Penggunaan metode Mind Mapping dapatmeningkatkan minat siswa dalam belajar seni rupa di kelas XI IPA 2 SMAN 1Sutera. Hal ini bisa dilihat pada pra siklus hasil persentase 50,8% masuk kepadakategori kurang, siklus I hasil persentase angket minat berada pada angka 69,6%yang masuk dalam kategori sedang. Pada siklus II hasil persentase angket minatmeningkat yaitu berada pada angka 84,6% yang berarti masuk ke dalam kategoritinggi. 2) Penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam belajar seni rupa di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Sutera. Hal ini bisadilihat pada pra siklus nilai siswa yang tuntas 11 siswa 31,4% dan yang tidaktuntas adalah 24 siswa 68,6% siklus I nilai siswa yang tuntas adalah 14 siswa 40%dan yang tidak tuntas adalah 21 siswa 60%, kemudian meningkat pada siklus IIdengan siswa yang tuntas 29 siswa 82,9% dan yang tidak tuntas 6 siswa 17,2%.Berdasarkan hasil diatas maka penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar seni rupa siswa di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Sutera.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MINAT, HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN SENI RUPA, MIND MAPPING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:28 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14526 |