Melida, Dini (2014) Pengaruh Media Prezi The Zooming Presentations terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DINI_MELIDA_05078_6050_2014.pdf [thumbnail of B1_5_DINI_MELIDA_05078_6050_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DINI_MELIDA_05078_6050_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah hasilbelajar siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yangmasih didominasi guru sebagai sumber informasi, siswa kurang aktif dalamkegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenggunaan media Prezi the zooming presentations terhadap hasil belajar fisikasiswa kelas XI SMA N 12 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancanganpenelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI SMA N 12 Padang. Pengambilan sampel dilakukandengan teknik Cluster Random Sampling dengan kelas XI IPA1 sebagai kelaseksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa padaranah kognitif diperoleh dari tes hasil belajar, pada ranah afektif dari lembarobservasi dan ranah psikomotor diperoleh dari rubrik penskoran. Teknik analisishasil belajar yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t padataraf nyata 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelaseksperimen adalah 81,34 sedangkan kelas kontrol 76,40. Dengan menggunakanuji t maka di dapatkan harga thitung > ttabel. Kemudian pada ranah afektif, hasilbelajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 82,78 sedangkan kelaskontrol memiliki nilai rata-rata 78,56. Sedangkan pada ranah psikomotor, hasilbelajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata–rata 84,15 sedangkan kelaskontrol memiliki nilai rata–rata 78,15. Dengan menggunakan uji t maka didapatkan harga thitung > ttabel yang berarti harga t berada di luar daerah Ho sehinggaHi diterima. Uji statistik menyatakan bahwa ”Terdapat pengaruh yang berartipenggunaan media Prezi the zooming presentations terhadap hasil belajar fisikasiswa kelas XI SMA N 12 Padang”
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PREZI THE ZOOMINGPRESENTATIONS,HASIL BELAJAR FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 09:07 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 09:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14339 |