Perbandingan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Menggunakan Handout dengan LKS dalam Strategi Question Student Have (QSH) di Kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh.

Sari, Dian Mustika (2013) Perbandingan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Menggunakan Handout dengan LKS dalam Strategi Question Student Have (QSH) di Kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DIAN_MUSTIKA_SARI_12704_5104_2013.pdf] Text
B1_5_DIAN_MUSTIKA_SARI_12704_5104_2013.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA Fisika dikelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkankarena kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasipermasalahan tersebut pada proses pembelajaran diterapkan penggunakan handoutdengan LKS dalam strategi Question Student Have (QSH). Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Fisika siswa menggunakan handoutdengan LKS dalam strategi Question Student Have (QSH) di kelas VII SMP Negeri2 Payakumbuh.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu denganrancangan The Static Group Comparison Design. Populasi pada penelitian iniadalah siswa kelas VII SMPN 2 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster randomSampling sehingga terpilih kelas VII-B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII-Csebagai kelas eksperimen 2. Data penelitian meliputi hasil belajar pada ranahkognitif dan ranah afektif. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar pada ranahkognitif dan format observasi pada ranah afektif. Data hasil belajar ranah kognitifdan afektif dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan ujikesamaan dua rata-rata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif, nilai rata-rata tesakhir kelas eksperimen 1 adalah 77,27 sedangkan kelas eksperimen 2 adalah 71,47.Nilai rata-rata ranah afektif pada kelas eksperimen 1 adalah 78 sedangkan kelaseksperimen 2 adalah 73,53. Oleh karena itu hipotesis kerja (Hi) yang berbunyi“Terdapat perbedaan yang berarti dari hasil belajar IPA Fisika siswa menggunakanhandout dengan LKS dalam strategi Question Student Have (QSH) di kelas VIISMP Negeri 2 Payakumbuh” diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikianpenggunaan handout dalam strategi Question Student Have (QSH) lebih baik untukditerapkan dalam pembelajaran di kelas VII SMPN 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPA, HANDOUT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:55
Last Modified: 18 Jun 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14209

Actions (login required)

View Item
View Item