Darmawati, Dewi (2011) Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dan Kuis Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas X SMAN 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DEWI_DARMAWATI_08281_2011.pdf [thumbnail of B1_5_DEWI_DARMAWATI_08281_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DEWI_DARMAWATI_08281_2011.pdf
Download (209kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih rendahnya hasilbelajar siswa dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dimanahasil belajar yang dicapai siswa masih dibawah standar nilai Kriteria KetuntasanMinimum (KKM) yang ditetapkan di sekolah tersebut. Salah satu masalah belajar yangsering dialami oleh siswa adalah masih rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Inidisebabkan karena mata pelajaran TIK sulit dipahami oleh sebagian siswa dan siswatidak memiliki buku, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak termotivasi dalam belajar.Untuk mengaktifkan siswa dalam belajar maka diberi tugas terstruktur dan kuis. Denganadanya tugas terstruktur siswa menjadi terlatih dan aktif dalam belajar, sedangkandengan diberikan kuis siswa memiliki kesiapan dalam belajar. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengungkapkan Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Dan KuisTerhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Di Kelas X SMAN 1Batipuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi penelitiam152 orang dan besar sampel penelitian berdasarkan teknik random sampling adalah 90orang. Rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Dalam penelitianini sampel dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas eksperimen tugas, kelas eksperimen kuisdan kelas kontrol. Data hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswadiperoleh melalui tes akhir. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t.Dari hasil penelitian terlihat bahwa skor rata-rata kelas eksperimen tugas adalah 75,25,dan skor rata-rata kelas eksperimen kuis adalah 70,62, sedangkan rata-rata hasil belajarkelas kontrol adalah 67,17. Dari hasil perhitungan pada kelas eksperimen tugas diperolehnilai thitung = 5,11 sedangkan ttabel = 2,00 pada taraf α =0,05. Hal ini berarti Hipotesis nolditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dari hasil perhitungan pada kelas eksperimenkuis diperoleh nilai thitung 2,28 sedangkan ttabel = 2,00 pada taraf α =0,05. Hal ini berartiHipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapatdisimpulkan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa yang diberitugas terstruktur dan kuis lebih baik daripada hasil belajar teknologi informasi dankomunikasi (TIK) siswa yang tanpa diberi tugas terstruktur dan kuis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TUGAS TERSTRUKTUR, HASIL BELAJAR, TEKNOLOGI INFORMASI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 09:29 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 09:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14063 |