Susanti, Devi (2013) Perbedaan Kompetensi IPA Fisika Melalui Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Model Kreatif-Produktif Berkelompok dengan Individual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DEVI_SUSANTI_05065_793_2013.pdf [thumbnail of B1_5_DEVI_SUSANTI_05065_793_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DEVI_SUSANTI_05065_793_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa rata-ratapencapaian kompetensi IPA Fisika siswa masih dibawah KKM. Penyebabnyaadalah pada proses pembelajaran dan proses penilaian belum sesuai denganKTSP. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kompetensi fisikamelalui penilaian portofolio dalam pembelajaran model kreatif-produktifberkelompok dengan individual siswa kelas VIII SMPN 25 Padang. Hipotesisdalam penelitian ini adalah “terdapat perbedaan yang berarti pada kompetensi IPAFisika melalui penilaian portofolio dalam model kreatif-produktif berkelompokdengan individual siswa SMPN 25 Padang”.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasiexperimental) dengan rancangan penelitian randomized control group only design.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster randomsampling. Data kompetensi pada aspek kognitif dikumpul menggunakanportofolio, tes tertulis dengan soal objektif sebanyak 30 butir, lembar observasisikap dan rubrik penskoran kinerja. Teknik analisis data kompetensi pada tes testertulis dan portofolio adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji t) pada taraf nyata0,05; sedangkan untuk sikap dan kinerja dengan menghitung nilai rata-ratakompetensi masing-masing indikator.Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh pencapaian kompetensi siswamelalui tes tertulis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 75,9 lebih tinggidari kelas eksperimen 2 yaitu 71,7. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,103 danttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, kriteria penerimaan Hi jika � > ������, berartiHi diterima. Pada portofolio diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 754 lebihtinggi dari kelas eksperimen 2 yaitu 74,1. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung =1,38 dan ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, kriteria penerimaan Hi jika � <������, berarti Hi ditolak. Pada penilaian sikap dan penilaian kinerja diperoleh nilairata-rata kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 2. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti padakompetensi IPA Fisika melalui penilaian portofolio dalam model kreatif-produktifberkelompok dengan individual siswa SMPN 25 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA FISIKA, PENILAIAN PORTOFOLIO, PEMBELAJARAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:08 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13994 |