Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Beriontasi Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

Jannnah, Daratul (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Beriontasi Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DARATUL_JANNAH_10256_4026_2016.pdf] Text
B1_5_DARATUL_JANNAH_10256_4026_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kualitas dan kuantitas penguasaan siswa terhadap konsep IPAmengakibatkan siswa tidak dapat mengaplikasikan konsep IPA dalam kehidupansehari-hari. Hal ini disebabkan karena siswa malas membaca, malas bertanya dantidak terbiasa menarik kesimpulan dari buku bacaan. Sesuai dengan tuntutankurikulum setiap indikator dalam pembelajaran IPA mengarahkan siswa untukmampu mengaplikasikan konsep-konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari. Untukmengatasi permasalahan di atas maka metode pembelajaran kooperatifberorientasi lingkungan adalah solusi yang dianggap tepat, karena metodepembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan dapat meningkatkan penguasaansiswa terhadap konsep IPA serta aplikasinya dalam kehidupan. Untuk itudilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk melihat apakahpenerapan pembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan berpengaruh terhadapaktivitas belajar dan hasil belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 PulauPunjung Kabupaten Dharmasraya.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Clasroom action research ).Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus 4 kali pertemuan. Dataaktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui pengamatan selama pelaksanaanpembelajaran. Pengolahan data dilakukan dengan penghitungan persentase dariaktivitas siswa yang muncul setiap kali pertemuan.Berdasarkan persentasi aktivitas belajar yang muncul pada siklus I dengansiklus II menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi berorientasi lingkungandapat meningkatkan beberapa aktivitas belajar siswa diantaranya : menjawabpertanyaan guru meningkat 24%, aktif berdiskusi dalam kelompok meningkat28,7%, memperhatikan uraian guru meningkat 30,6% mengemukakan pendapatmeningkat 21,4%, aktif bertanya meningkat 15,3%, aktif melakukan percobaanmeningkat 36%, penerapan pembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan jugadapat menghilangkan aktivitas yang mengganggu proses pembelajaran sepertikeluar masuk kelas, melamun dan mengantuk.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, LINGKUNGAN, BELAJAR IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 11:06
Last Modified: 12 Jun 2025 11:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item
View Item