Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Materi Termodinamika Kelas XI SMA/MA.

Purnama, Chiska (2013) Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Materi Termodinamika Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_CHISKA_PURNAMA_12696_5066_2013.pdf] Text
B1_5_CHISKA_PURNAMA_12696_5066_2013.pdf

Download (626kB)

Abstract

Bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mengintegrasikannilai-nilai karakter merupakan salah satu sarana pendukung yang dapat disediakanguru dalam membantu kelancaran proses pembelajaran di kelas. Serta sebagaisalah satu media pendukung dalam melatih nilai karakter yang ada pada siswa.kenyataan yang ada di lapangan adalah kurangnya ketersediaan bahan ajarbermuatan nilai-nilai karakter yang dapat mendukung guru dalam melatih karakteryang ada dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajarbermuatan nilai-nilai karakter pada materi Termodinamika kelas XI SMA yangvalid, praktis, dan efektif digunakan di dalam pembelajaran fisika.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkatpembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan four-D models (Define,Design, Develop, dan Disseminate). Tahap disseminate tidak dilakukan.Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba terbatas bahan ajaryang dikembangkan. Rancangan bahan ajar yang telah didesain, divalidasi olehempat orang ahli, kemudian di ujicoba secara terbatas di Kelas XI IPA 1 SMANegeri 13 Padang untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas bahan ajarbermuatan nilai-nilai karakter yang dikembangkan.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tigahasil penelitian. Pertama, bahan ajar memiliki validitas tinggi dengan nilai ratarata dari tenaga ahli 83,95. Kedua, nilai praktikalitas bahan ajar fisika bermuatannilai-nilai karakter pada konsep materi Termodinamika kelas XI menurut guruFisika sebagai praktisi adalah 82,50, nilai praktikalitas menurut siswa 77,11.Ketiga, penggunaan bahan ajar fisika bermuatan nilai-nilai karakter pada materiTermodinamika dalam implementasi pembelajaran menurut KTSP adalah efektifyang disimpulkan dari angket efektifitas dan ditandai dengan peningkatan hasilbelajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI KARAKTER, BAHAN AJAR,TERMODINAMIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:39
Last Modified: 11 Jun 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item
View Item