Pengaruh LKS IPA tepadu Berbasis Web Mengintegrasikan Nilai Karakter pada Materi GLSTSGPS Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8.

Triana, Ayu (2015) Pengaruh LKS IPA tepadu Berbasis Web Mengintegrasikan Nilai Karakter pada Materi GLSTSGPS Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AYU_TRIANA_1101395_1135_2015.pdf] Text
B1_5_AYU_TRIANA_1101395_1135_2015.pdf

Download (426kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama dengan mengintegrasikanbidang ilmu IPA, nilai karakter, dan TIK adalah penting dalam kurikulum 2013.Namun kenyataannya pembelajaran IPA belum mengintegrasikan bidang ilmuIPA, nilai karakter, dan TIK. Alternatif solusi untuk memecahkan masalah iniadalah menggunakan LKS IPA Terpadu berbasis web mengintegrasikan nilaikarakter pada materi GLSTSGPS terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8Padang. Keunggulan dari LKS ini adalah siswa dapat memahami IPA secaraterpadu dan dapat meningkatkan motivasi, keaktifan, dan kemandirian siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kompetensi siswa dalampembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu berbasis web mengintegrasikannilai karakter pada materi GLSTSGPS dan menyelidiki pengaruh dari penggunaanLKS IPA Terpadu berbasis web mengintegrasikan nilai karakter pada materiGLSTSGPS terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Populasipenelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Ajaran2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling bertujuansehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIII D dan kelas VIII F. Kelas VIII Fmerupakan kelas eksperimen yang menggunakan LKS IPA Terpadu berbasis webmengintegrasikan nilai karakter dan kelas VIII D yang merupakan kelas kontrol.Kedua kelas sampel sama-sama menggunakan pendekatan saintifik sesuaituntutan kurikulum 2013. Data penelitian meliputi aspek pengetahuan, sikap, danketerampilan. Instrumen penelitian aspek pengetahuan berupa lembar penilaianhasil belajar, instrumen penilaian aspek sikap berupa lembar observasi, daninstrumen penilaian keterampilan berupa lembar penilaian kinerja.Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan dapat dinyatakanbahwa hasil dari penelitian ini adalah pertama, kompetensi siswa dalampembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu berbasis web mengintegrasikannilai karakter pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan adalah masingmasing 76.17, 81.60, dan 89.84. Hasil penelitian yang kedua adalah terdapatpengaruh penggunaan LKS IPA Terpadu berbasis web mengintegrasikan nilaikarakter pada materi GLSTSGPS terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI KARAKTER SISWA, KOMPETENSI SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:09
Last Modified: 10 Jun 2025 05:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13447

Actions (login required)

View Item
View Item