Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Maping Berbantu Aplikasi FreeMind Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika (TE) Kelas X Teknik Audio Video (TAV) di SMK Negeri 1 Tanjung Raya

Yusria, Ayu Netilakendi (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Maping Berbantu Aplikasi FreeMind Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika (TE) Kelas X Teknik Audio Video (TAV) di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AYU_NETILAKENDI_YUSRIA_17640_4993_2014.pdf] Text
B1_5_AYU_NETILAKENDI_YUSRIA_17640_4993_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengungkapkan ada tidaknya perbedaanyang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan ModelPembelajaran Mind Mapping Berbantu Aplikasi Freemind dengan hasil belajarsiswa yang menggunakan pembelajaran langsung pada Mata Pelajaran TE (2)Mengungkapkan seberapa besar pengaruh penerapan Model Pembelajaran MindMapping Berbantu Aplikasi FreeMind terhadap hasil belajar siswa pada MataPelajaran TE. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel padapenelitian ini adalah siswa kelas XTAV di SMK Negeri 1 Tanjung Raya tahunajaran 2013/2014 sebanyak 24 orang siswa dan dibagi menjadi 2 kelas sampelyaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 12orang siswa dengan pembagian kelompok sampel menggunakan teknikpropotional random sampling. Data yang terkumpul dianalisis denganmembandingkan nilai thitung terhadap ttabel. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Hasilpengujian hipotesis, diperoleh thitung>ttabel yaitu (5,32>2,074). Hasil pengujian inimemberikan interpretasi bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berartiterdapat perbedaan yang signifikan ke arah positif antara hasil belajar siswa yangmenggunakan model pembelajaran mind mapping berbantu aplikasi freeminddengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung, (2)Berdasarkan perhitungan persentase hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol.Terdapat peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran mind mappingberbantu aplikasi freemind berpengaruh sebesar 22% terhadap hasil belajar siswapada Mata Pelajaran TE siswa kelas X TAV di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MIND MAPPING, APLIKASI FREEMIND, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:18
Last Modified: 10 Jun 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13408

Actions (login required)

View Item
View Item