Pengaruh Bahan Ajar ICT Mengintegrasikan MSTBK Materi Gerak Harmonis, Momentum, dan Impuls terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Lubuk Alung.

Fitri, Aulia (2015) Pengaruh Bahan Ajar ICT Mengintegrasikan MSTBK Materi Gerak Harmonis, Momentum, dan Impuls terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AULIA_FITRI_1101411_1907_2015.pdf] Text
B1_5_AULIA_FITRI_1101411_1907_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Era globalisasi menuntut tersedianya SDM yang berkualitas. Salahsatu usaha peningkatan SDM adalah melalui peningkatan kualitas pendidikandengan menekankan lulusan berkarakter mulia yang memiliki keterampilandan pengetahuan yang utuh. Kenyataan menunjukkan pembelajaran Fisika diSMA belum sepenuhnya dikaitkan dengan bidang ilmu lain yang menyebabkanrendahnya kompetensi Fisika siswa. Salah satu solusinya adalah denganmenggunakan bahan ajar berbasis ICT dengan mengintegrasikan Matematika,Sains, Teknologi, Bencana alam, dan Karakter mulia (MSTBK). Tujuan daripenelitian ini adalah untuk menentukan kompetensi Fisika siswa yangmenggunakan bahan ajar ICT mengintegrasikan MSTBK dan juga untukmenyelidiki pengaruh penggunaan bahan ajar ICT mengintegrasikan MSTBKpada materi Gerak Harmonis, Momentum, dan Impuls terhadap kompetensiFisika siswa kelas XI SMAN 1 Lubuk Alung.Jenis penelitian adalah Quasi Eksperiment dengan Randomized ControlGroup Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1Lubuk Alung yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data penelitian meliputikompetensi ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Instrumen penelitianberupa lembar tes akhir untuk kompetensi ranah pengetahuan, lembar observasiuntuk kompetensi ranah sikap, dan lembar unjuk kerja untuk kompetensi ranahketerampilan. Teknik analisis data melalui uji kesamaan dua rata-rata denganstatistik uji t pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan.Dari analisis data dapat dikemukakan dua hasil penelitian ini. Pertama,nilai rata-rata siswa yang menggunakan bahan ajar ICT mengintegrasikanMSTBK dalam pembelajaran pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilanmasing-masing 86,03; 90,10; dan 90,84. Kedua, penggunaan bahan ajar ICTmengintegrasikan MSTBK memberikan pengaruh yang berarti terhadapkompetensi Fisika siswa pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan padataraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:00
Last Modified: 05 Jun 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13351

Actions (login required)

View Item
View Item