Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat KKPI di SMK N 2 Pariaman.

Noventri, Audi (2012) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat KKPI di SMK N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AUDI_NOVENTRI 06461_2012_4796.pdf] Text
B1_5_AUDI_NOVENTRI 06461_2012_4796.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapanganyaitu di SMK Negeri 2 Pariaman, masih banyaknya siswa kelas 1 yangmemperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata diklatKeterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) yang ditetapkansekolah yaitu 70. Yaitu 70,83 % siswa yang berada dibawah KKM dan 29,17 %siswa yang berada di atas KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranyayaitu faktor internal dan faktor eksternal, serta stategi pembelajaran. Penelitian inibertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar denganmenggunakan pembelajaran berbasis proyek dengan hasil belajar yang tidakmenggunakan pembelajaran berbasis proyek yaitu pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian iniadalah siswa kelas 1 Pariwisata SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Pelajaran2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dilakukan ujinormalitas dan homogenitas populasi secara manual. Kelas eksperimen adalahkelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyekdalam pembelajaran dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yangmenggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dari teshasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperolehdianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Hasil hipotesis dengan menggunakan rumus secara manual di dapati bahwathitung 5,221 > ttabel (1.667), sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima ataumenolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-ratahasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelaskontrol

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, PROYEK, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:31
Last Modified: 05 Jun 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13326

Actions (login required)

View Item
View Item