Penerapan LKS Bermuatan Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas XI di SMA Negeri 11 Padang.

Hafizah, Asrad (2015) Penerapan LKS Bermuatan Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas XI di SMA Negeri 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ASRAD_HAFIZAH_54914_1583_2015.pdf] Text
B1_5_ASRAD_HAFIZAH_54914_1583_2015.pdf

Download (804kB)

Abstract

Pencapaian ketuntasan belajar Fisika peserta didik di SMA Negeri 11Padang belum optimal. Hal ini disebabkan oleh kurang optimalnya aktivitas, kerjasama, dan belum berkembangnya karakter peserta didik dalam prosespembelajaran. Selain itu, model pembelajaran dan bahan ajar yang digunakanbelum bervariasi dan belum bermuatan nilai-nilai karakter. Oleh sebab itu,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKS bermuatannilai-nilai karakter dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelasXI di SMA Negeri 11 Padang terhadap hasil belajar Fisika peserta didik padakompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (QuasiExperimental Research) dengan rancangan penelitian berupa Randomized ControlGroup Only Design. Populasi dalam penelitian adalah semua peserta didik kelasXI MIA di SMA Negeri 11 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling.Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi pada kompetensisikap, tes tulis pada kompetensi pengetahuan, dan rubrik penskoran padakompetensi keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ujikesamaan dua rata-rata yaitu uji t.Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didikkelas eksperimen dan kelas kontrol pada semua kompetensi berturut-turut adalah:(81,38) dan (68,9), (80,25) dan (75,23), dan (74,78) dan (66,9). Berdasarkan ujihipotesis pada semua kompetensi diperoleh nilai th lebih tinggi dibandingkan nilaitt. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Terdapatpengaruh yang berarti pada penerapan LKS bermuatan nilai-nilai karakter dalammodel pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas XI di SMA Negeri 11Padang” diterima pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KARAKTER, PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:52
Last Modified: 04 Jun 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item
View Item