Putra, Asbeni (2013) Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Metode Simulasi dengan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Menangani Surat/ Dokumen Kantor Kelas XI AP SMK N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ASBENI_PUTRA_05654_1701_2013.pdf [thumbnail of B1_5_ASBENI_PUTRA_05654_1701_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ASBENI_PUTRA_05654_1701_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapatperbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode simulasidengan metode ceramah pada mata pelajaran Menangani surat/dokumen kantor kelas XI AP SMK N 2 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasiekaperimen. Kelas eksperimen1 menggunakan metode simulasi dan kelaseksperimen2 menggunakan metode ceramah. Populasi dari penelitian yaitu seluruhsiswa kelas XI AP SMK N 2 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakanPurposive Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes awal(pretest) dan tes akhir (postest), kemudian data dianalisis dengan menggunakan ujiZ. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswamelalui penggunaan metode simulasi dengan metode ceramah pada mata pelajaranMenangani surat/ dokumen kantor kelas XI AP SMK N 2 Padang.Metode simulasi dapat memberikan pemahaman dan melatih keterampilansiswa dalam memproses surat keluar. Cara pelaksanaan metode simulasi yaitudengan melibatkan siswa secara langsung untuk memproses pengurusan suratkeluar. Siswa melakukan tiruan yang seolah-olah berada pada keadaan yangsebenarnya tentang bagaimana tata cara memproses surat keluar dengan benar,sehingga timbulah pemahaman dan keterampilan siswa tentang bagaimana tata caramemproses surat keluar dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan,disarankan kepada guru Administrasi Perkantoran agar dapat menerapkan metodesimulasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa padamata pelajaran Menangani surat/ dokumen kantor khususnya pada kompetensiMemproses surat/ dokumen kantor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, METODE CERAMAH, METODE SIMULASI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 05:19 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 05:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13255 |