Fatmawita, Fatmawita (2014) Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Keterampilan Anyaman dengan Menggunakan Media Rancangan (Media By Design) pada Kelas VIII 7 SMPN 17 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FATMAWITA_1107937_380_2014.pdf [thumbnail of B1_5_FATMAWITA_1107937_380_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FATMAWITA_1107937_380_2014.pdf
Download (565kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan penulis terhadap pelaksanaan pembelajaran keterampilan anyaman di SMPN 17 Padang, terdapat beberapa kendala yang menyebabkan pembelajaran tidak berlangsung dengan baik seperti Siswa tidak membuat tugas, Siswa tidak membawa bahan dan alat-alat untuk pembelajaran keterampilan sehingga terlihat kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan anyaman yang berdampak pada rendahnya hasil belajar dengan belum tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan anyam di kelas VIII 7 SMPN 17 Padang dengan menggunakan media rancangan (media by design), 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan anyam di kelas VIII 7 SMPN 17 Padang dengan menggunakan media rancangan (media by design). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah dengan menggunakan media rancangan (by design) akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan anyam di kelas VIII 7 SMPN 17 Padang ? 2) Apakah dengan menggunakan media rancangan (media by design) akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan anyam di kelas VIII 7 SMPN 17 Padang ? Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (class room action research). Metode dan alat pengumpul data pada penelitian ini adalah format observasi dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengolahan data menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata skor motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 64,78% dengan kualifikasi sedang, meningkat menjadi 83,48% dengan kategori tinggi pada siklus II. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,56 meningkat menjadi 79,52. Jumlah siswa yang belum tuntas pada siklus I sebanyak 14 orang (51,85%) kemudian pada siklus II semua siswa tuntas. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media rancangan (media by design) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan dan Penggunaan media rancangan (media by design) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran keterampilan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar, Anyaman, Media By Design |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 06:37 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 06:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12930 |