Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas III SD 13 Ganting Padang Panjang Timur

Helmi, Yanti (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas III SD 13 Ganting Padang Panjang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_YANTI_HELMI_88217_3162_2011.pdf] Text
B1_YANTI_HELMI_88217_3162_2011.pdf

Download (778kB)

Abstract

Pengajaran menulis di SD 13 Ganting belum terlaksana dengan baik. Berdasarkan temuan, guru hanya menugaskan siswa membuat karangan bebas tanpa mengarahkannya. Guru tidak mengarahkan membuat paragraf, sehingga menjadi karangan yang baik. Guru juga tidak menjelaskan bagaimana membuat kalimat utama dengan kalimat penjelasnya. Guru tidak menggunakan media untuk mengarahkan siswa agar mampu melahirkan kalimat atau kata-kata. Akibatnya siswa tidak mampu menulis. Siswa kurang punya inspirasi untuk melahirkan kata, apalagi membuat kalimat, apalagi kalimat yang menggunakan EYD. Untuk mengatasinya maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar. Media ini diharapkan dapat merangsang siswa melahirkan ide-ide dalam membuat kalimat utama serta kalimat penjelas. Data pada penelitian tindakan kelas ini berupa rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar menulis karangan paragraf pada tahap pramenulis, penulisan dan pascamenulis dengan penggunaan media gambar. Teknik pengumpulan data adalah Instrumen penilaian kinerja guru (IPKG), lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) serta hasil belajar menulis siswa. Hasil penelitian tindakan kelas yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pada siklus I diperoleh nilai Keruntutan kalimat menjadi paragraf sudah mencapai 74%, kepaduan paragraf baru mencapai 66%, penggunaan huruf kapital sudah mencapai 73% dan penggunaan tanda baca seperti titik, koma dan tanda tanya baru mencapai 63%. Rata-rata penilaian menulis paragraf pada siklus I ini mencapai 69%. Pada siklus II hasil penilaiannya adalah sebagai berikut: Keruntutan kalimat menjadi paragraf sudah mencapai 85%, kepaduan paragraf baru mencapai 78%, penggunaan huruf kapital sudah mencapai 86% dan penggunaan tanda baca seperti titik, koma dan tanda tanya baru mencapai 76%. Rata-rata penilaian menulis paragraf pada siklus II ini naik menjadi 81%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Paragraf, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 May 2025 08:19
Last Modified: 22 May 2025 08:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11839

Actions (login required)

View Item
View Item