Efektifitas Metode Enter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda pada Anak Lamban Belajar (Slow Learner) X: Single Subject Research Kelas II SDN 01 Limau Manis, Padang

Ariska, Yulia (2014) Efektifitas Metode Enter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda pada Anak Lamban Belajar (Slow Learner) X: Single Subject Research Kelas II SDN 01 Limau Manis, Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YULIA_ARISKA_54032_4998_2014.pdf] Text
B1_2_YULIA_ARISKA_54032_4998_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan permasalahan yang ditemukan di SDN 01 Limau Manis, Padang. Seorang anak lamban belajar di kelas II yang mengalami masalah dalam membaca. Dalam membaca anak sering melakukan penghilangan, pengantian dan penambahan huruf. Melihat kondisi anak seperti itu, peneliti ingin mengajarkan anak membaca dengan menggunakan metode enter. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah metode enter efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak lamban belajar (slow learner) x kelas II di SDN 01 Limau Manis, Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research, dengan desain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak lamban belajar. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca kata benda dengan benar. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase. Hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, kecenderungan jejak data dan perubahan level meningkat secara positif, serta persentase overlap (data yang tumpang tindih) pada analisis antar kondisi adalah 0% dan 20%. Semakin kecil persentase overlape maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan perlakuan. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa metode enter eketif untuk meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak lamban belajar (slow learner) x. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan metode enter untuk meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak lamban belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode enter, Kemampuan membaca kata benda, Anak lamban belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 19 May 2025 05:17
Last Modified: 19 May 2025 05:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item
View Item