Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit Melalui Peta Pikiran pada Siswa Kesulitan Belajar Kelas IV SD Negeri 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang

Purwasari, Yosi (2013) Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit Melalui Peta Pikiran pada Siswa Kesulitan Belajar Kelas IV SD Negeri 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YOSI_PURWASARI_56624_556_2013.pdf] Text
B1_2_YOSI_PURWASARI_56624_556_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi dan wawancara peneliti dengan guru kelas IV, bahwa dikelas IV terdapat 14 orang siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran IPA, merasa jenuh dengan materi IPA yang terlalu banyak dan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal IPA. Sehingga hasil belajar IPA siswa setelah dilakukannya Ulangan Harian belum sesuai dengan KKM yang ditetapkan oleh sekolah, padahal dalam pelajaran yang lain seperti Matematika, Bahasa Inggris, SBK, Penjaskes anak memiliki nilai diatas KKM yang ditetapkan sekolah. Oleh sebab itu dilakukan tindakan melalui pembuatan peta pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA tentang Perubahan Kenampakkan Permukaan Bumi dan Benda langit, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kesulitan belajar di kelas IV SD Negeri 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes proses pembelajaran dan diskusi. Sumber data adalah proses pelaksanakan pembelajaran IPA melalui peta pikiran pada siswa kesulitan belajar di kelas IV SD Negeri 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Subjek penelitian terdiri dari siswa kesulitan belajar kelas IV SD Negeri 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang, yang berjumlah 14 orang, terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 6 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : 1) perencanaan 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil rata–rata belajar siswa pada siklus I rata-rata 58,57 dan pada siklus II, nilai rata–rata siswa 75,71. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah peta pikiran dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan kenampakkan permukaan bumi dan benda langit pada siswa kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peta pikiran, Hasil belajar IPA, Siswa kesulitan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 16 May 2025 04:10
Last Modified: 16 May 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10988

Actions (login required)

View Item
View Item