Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Amplop Kata di TK As-Sakinah Lima Puluh Kota.

Nova, Maila (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Amplop Kata di TK As-Sakinah Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_MAILA NOVA_1109577_903_2013.pdf] Text
B1_7_MAILA NOVA_1109577_903_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca anak di TK As-Sakinah Lima Puluh Kota masihrendah, anak mengalami kesulitan dalam mengenal huruf vokal, huruf konsonan,membaca tulisan sederhana dan hanya bisa melafalkan huruf tanpa mengenalbentuk huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuanmembaca anak melalui permainan Amplop Kata.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionResearch), yang menjadi subjek penelitian adalah murid TK As-Sakinah LimaPuluh Kota khususnya kelompok B2 dengan jumlah 10 orang anak. Teknikpengumpulan data adalah melalui observasi dan dokumentasi. Data yangdiperoleh kemudian diolah dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukandalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari tiga kalipertemuan.Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatankemampuan membaca anak. Setelah diadakan siklus I, kemampuan membacaanak sudah mengalami peningkatan tetapi masih belum optimal, Maka dilanjutkansiklus II. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan pada siklus II, dapatdinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca anak melaluipermainan Amplop Kata. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan AmplopKata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, PERMAINAN KATA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 07 May 2025 04:16
Last Modified: 07 May 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10195

Actions (login required)

View Item
View Item