Meningkatkan Kemampuan Makan Makanan Berkuah Menggunakan Teknik Forward Chaining bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas I di SLB Kasih Ummi Padang.

Gemfani, Anisa (2024) Meningkatkan Kemampuan Makan Makanan Berkuah Menggunakan Teknik Forward Chaining bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas I di SLB Kasih Ummi Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_ANISA_GEMFANI_19003118_854_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitianinidimulaidengan studipendahuluan diSLB KasihUmmiPadang, terdapat seorang siswa tunagrahita ringan yang berjenis kelamin laki-laki dengan inisial D yang sekarang duduk di bangku kelas I mengalami masalah dalam kemampuanmakan makanan berkuah sehingga sering tumpahdanberserakan. Makan makanan berkuah merupakan salah satu program bina diri dalam melatih anak agar mampu mandiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan D dalam makan makanan berkuah dengan baik menggunakan metode teknik forward chaining. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperiment dengan subjek tunggalatauSingleSubjectResearch(SSR)berdesainA-B,dimanakondisibaseline (A) adalah kemampuan awal kemampuan makan makanan berkuah anak sebelum diberikan perlakuan. Sedangkan kondisi intervensi (B) adalah kondisi saat siswadiberi perlakuan dengan menggunaka metode teknik forward chaining. Target behaviornya adalah siswamampudalam melakukan makanmakanan berkuah.Teknik analisis datanya digambarkan dalam bentuk analisis visual dan grafik. Hasil penelitian yang dilakukan selama 10 kali pertemuan, dimana pengumpulan data dilakukan dua kondisi yaitu baseline (A) dengan perolehan hasil presentase 33%, 42%, 42% Selanjutnya kondisi intervensi (B) dengan perolehan presentasenya 54%,67%,71%, 71%,75%,88%, 88%.Berdasarkan datayangdidapat dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa metode teknik chaining dapat dalam meningkatkan kemampuan makan makanan berkuah bagi anak tunagrahita ringan kelas I di SLB Kasih Ummi Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MAKANAN BERKUAH, TEKNIK FORWARD CHAINING, TUNAGRAHITA RINGAN.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine and Food > Food General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 May 2024 06:47
Last Modified: 13 May 2024 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51833

Actions (login required)

View Item View Item