Kontribusi Social Comparison dan Self Acceptance terhadap Self Esteem Siswa.

Refnadi, Refnadi (2021) Kontribusi Social Comparison dan Self Acceptance terhadap Self Esteem Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_REFNADI_1651035_287_2022.pdf] Text
B1_01_REFNADI_1651035_287_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi digital secara langsung memberi dampak terhadap kehidupan siswa, disamping itu siswa tengah dihadapkan pada masa perkembangan dan pencarian jadi diri. Menyikapi hal tersebut penting pada siswa memiliki self esteem yang tinggi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi self esteem siswa, diantaranya social comparison dan self acceptance. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) social comparison, self acceptance dan self esteem siswa, (2) kontribusi social comparison terhadap self esteem siswa, (3) kontribusi self accetance terhadap self esteem siswa, (4) kontribusi social comparison dan self acceptance terhadap self esteem siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 619 siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang
berasal dari kelas X, XI, XII. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapat jumlah sampel 251 siswa. Instrumen penelitian menggunakan (1) Instrumen self esteem (2) Instrumen self acceptance
and (3) Instrumen social comparison. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan ganda dengan bantuan program SPSS Versi 20.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) social comparison siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, tingkat self acceptance siswa pada umumnya berada pada kategori sedang, dan self esteem pada umumnya berada pada kategori sangat rendah, (2) terdapat kontribusi social comparison terhadap self esteem (3) terdapat kontribusi self acceptance terhadap self esteem (4) terdapat kontribusi secara bersama-sama social comparison dan self acceptance terhadap self esteem. Implikasi hasil penelitian ini adalah diperlukan upaya dari
konselor sekolah untuk membuat program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan self esteem siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Social Comparison dan Self Acceptance
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 05 May 2025 03:35
Last Modified: 05 May 2025 03:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9914

Actions (login required)

View Item
View Item