Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping dan Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII MTsN 1 Tanjung Emas Tahun Pelajaran 2013/2014

Emrina, Eliska (2014) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping dan Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII MTsN 1 Tanjung Emas Tahun Pelajaran 2013/2014. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ELISKA_EMRINA_1203726_5891_2014.pdf] Text
B1_1_ELISKA_EMRINA_1203726_5891_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah kurangnya kemauan dan keinginan siswa
untuk membuat catatan/ringkasan secara rinci dan sistematis, terlihat masih
banyaknya siswa yang tidak memiliki catatan terutama siswa laki-laki, kalaupun ada
terlihat acak-acakan dan dalam satu buku catatan biasanya memuat banyak mata
pelajaran yang bercampur aduk. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh
siswa yang masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal sehingga hasil belajar
belum mencapai apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
(1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan teknik mind mapping dengan
siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Interaksi antara teknik
pembelajaran Mind Mapping dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar
Biologi?, (3) Apakah siswa yang mempunyai motivasi tinggi yang diajar dengan
Teknik mind mapping memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan
hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi yang diajarkan dengan
pembelajaran konvensional?, (4) Apakah siswa yang mempunyai motivasi rendah
yang diajar dengan Teknik mind mapping memperoleh hasil belajar lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi rendah yang
diajarkan dengan pembelajaran konvensional?
Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan Quasi eksperimen(eksperimen
semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIMTsN 1 Tanjung Emas.
Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling, kelas VIII2
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas VIII4 sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa angket motivasi dan tes objektif hasil belajar berbentuk pilihan
ganda.Data dianalisis dengan uji t dan analisis varian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar biologi kelas VIII di
MTsN N 1 Tanjung Emas, Batusangkar yang diajar dengan teknik mind mapping
lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran konvensional, (2) Tidak terdapat interaksi antara teknik pembelajaran
dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Biologi, (3) Hasil belajar Biologi
siswa yang mempunyai motivasi tinggi yang diajar dengan Teknik mind mapping
lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi
yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (4) Hasil belajar Biologi siswa
yang mempunyai motivasi rendah yang diajar dengan Teknik mind mapping lebih
tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi rendah
yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 05 May 2025 02:52
Last Modified: 05 May 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9877

Actions (login required)

View Item
View Item