Eliyanti, Eliyanti (2020) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELIYANTI_1203997_4282_2021.pdf [thumbnail of B1_1_ELIYANTI_1203997_4282_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELIYANTI_1203997_4282_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang
menarik minat peserta didik dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi
dalam pembelajaran tematik di kelas V SD. Peserta didik kurang diarahkan untuk
menulis sesuai dengan tahapan menulis yaitu pra menulis, saat menulis, dan pasca
menulis. Hal ini menyebabkan hasil tulisan narasi peserta didik belum sesuai
dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan
ajar keterampilan menulis narasi dengan menggunakan mind mapping dalam
pembelajaran tematik di kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Lembah Melintang. Subjek penelitian
adalah peserta didik kelas V SD berjumlah 15 peserta didik. Jenis penelitian
adalah penelitian pengembangan. Penelitian inimenggunakan model 4-D yang
terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap define, design, develop, dan disseminate. Data uji
validitas diperoleh melalui validasi bahan ajar, data praktikalitas diperoleh dari
keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon peserta didik, data keefektifan
dilihat dari aktivitas peserta didik dan penilaian keterampilan menulis narasi.
Berdasarkan hasil validitas oleh validator diperoleh hasil 93,6% dengan
kategori sangat valid. Berdasarkan ujicoba diketahui bahwa bahan ajar dapat
memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik dan dapat menarik minat
guru dan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP yang
diperoleh sebesar 93,4% dengan kategori sangat praktis, respon guru sebesar
100% dengan kategori sangat praktis, dan respon peserta didik sebesar 89,7%
dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, bahan ajar telah memberikan
dampak, pengaruh, dan hasil yang sangat baik dimana hal ini dapat dilihat dari
hasil aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan,
oleh sebab itu bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sangat efektif.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar keterampilan menulis
narasi dengan menggunakan mind mapping dalam pembelajaran tematik di kelas
V SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:51 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9873 |