Peningkatan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pembagian Pecahan dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education di Kelas V SDN 07 Kapau Kabupaten Agam

Elnofrita, Elnofrita (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pembagian Pecahan dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education di Kelas V SDN 07 Kapau Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ELNOFRITA_14124019_5131_2016.pdf] Text
B1_1_ELNOFRITA_14124019_5131_2016.pdf

Download (374kB)

Abstract

Pembelajaran di SDN 07 Kapau belum mampu untuk meningatkan
kemampuan pemahaman konsep sebab pembelajaran belum berorientasi pada
masalah-masalah realistik. Hal ini juga dipengaruhi oleh rendahnya motivasi
siswa dalam belajar. Melihat permasalahan tersebut, maka digunakan pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME) yang dapat meningkatkan pemahaman
konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar
matematika siswa menggunakan pendekatan RME.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas
V dengan jumlah siswa 19 orang. Data penelitian diperoleh melalui lembar
observasi , angket dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan RME terjadi
peningkatan pemahaman konsep dengan rata-rata nilai; 7,14% pada siklus 1
pertemuan 1 ke siklus 1 pertemuan 2, dan 8,77% dari siklus 1 petemuan 2 ke
siklus 2 pertemuan 1, serta 2,42% dari siklus 2 pertemuan 1 ke sklus 2 pertemuan
2. Sedangkan motivasi belajar memperoleh rata-rata hasil pengamatan pada akhir
siklus 1, 72,83%, dan akhir siklus 2, 85,43% dengan peningkatan 12,60%. Secara
kualitatif pelaksanaan dengan menggunakan RME dapat meningkatkan
pemahaman konsep dan motivasi pembelajaran matematika pada materi
pembagian pecahan, jadi dapat disimpulkan pendekatan RME berhasil
meningkatkan pemaman konsep dan motivasi melebihi KKM, oleh sebab itu
penelitian sudah dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 05 May 2025 02:21
Last Modified: 05 May 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9857

Actions (login required)

View Item
View Item