Lestari, Kurnia (2023) Optimalisasi Aspek Perkembangan Peserta Didik Usia Dini: Studi Kasus TK Arafah Mina Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_KURNIA_LESTARI_18058022_5206_2023.pdf [thumbnail of B1_04_KURNIA_LESTARI_18058022_5206_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_KURNIA_LESTARI_18058022_5206_2023.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya pendidik dalam mengoptimalisasi aspek perkembangan pada peserta didik usia dini. Hal ini menarik untuk diteliti karena terdapat permasalahan dalam penelitian yaitu kurangnya teroptimalisasi aspek perkembangan pada peserta didik usia dini di TK Arafah Mina Kota Padang. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori behavioristik yang dikembangkan oleh Edward Lee Thorndike. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang termasuk penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dari sumber data dengan pertimbangan atau kreteria tertentu, dengan jumlah informan 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan segala aspek perkembangan pada peserta didik usia dini setelah diberikan perlakuan kepada peserta didik berupa: Pembiasaan sikap, yakni membaca doa sehari-hari, bersalaman dengan guru, mengucapkan terimakasih, maaf, tolong, dan permisi. Melakukan aktivitas motorik halus dan kasar. Pengelompokkan peserta didik, pengelompokkan sesuai kompetensi peserta didik. Penggunaan metode pembelajaran variatif, belajar sambil bernyanyi, bercerita, tanya jawab, mewarnai dan menggambar. Hasil peningkatan dapat dilihat dari respon peserta didik yang lebih interaktif dan senang dalam mengikuti proses belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan anak usia dini, optimalisasi aspek perkembangan, upaya pendidik |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:19 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9842 |