Pengaruh Brand Identity terhadap Keputusan Tamu Menginap di Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Dafin, Rona Giva Ass’ary (2018) Pengaruh Brand Identity terhadap Keputusan Tamu Menginap di Grand Rocky Hotel Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RONA_GIVA_ASSRY_DAVIN_14135008_3700_2018.pdf] Text
B1_04_RONA_GIVA_ASSRY_DAVIN_14135008_3700_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh brand identity(X) terhadap keputusan pembelian (Y) di Grand Rocky Hotel Bukittinggi yang dideskripsikan dalam bentuk angka. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu individu yang menginap di Grand Rocky Hotel Bukittinggi dilakukan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu dengan jumlah sampel 98 responden. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer untuk kedua variabel tersebut yang diperoleh langsung dari tamu dengan melalui kuesioner (angket) menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sementara itu, data sekunder juga diperoleh dari Grand Rocky Hotel Bukittinggi mengenai tingkat occupancy hotel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program computer SPSS versi 24.00. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: Tanggapan responden terhadap brand identity diperoleh rata-rata total skor sebesar 3,23 pada batas interval 2,51 – 3,25 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa brand identity di Grand Rocky Hotel Bukittinggi dikategorikan secara keseluruhan dikategori baik. Tanggapan responden terhadap keputusan pembelian diperoleh rata-rata total skor sebesar 3,23 pada batas interval 2,51 – 3,25 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa keputusan pembeliandi Grand Rocky Hotel Bukittinggi dikategorikan secara keseluruhan dikategori baik. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai F 23.995 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 berarti varibel X mempengaruhi variabel Y secara signifikan. Nilai koefisien regresi sebesar 0,490 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti disetiap peningkatan sebesar 1 satuan brand identity akan meningkatkan 0,49 satuan keputusan pembelian dan nilai R Square sebesar 0,200 yang berarti pengaruh variabel X (brand identity) terhadap variabel Y (keputusan menginap / pembelian) adalah sebesar 0,200 (20%) sedangkan 80% lainnya dipengaruhi oleh faktorfaktor lainnya seperti harga, promosi, produk yang ada di Grand Rocky Hotel Bukittinggi. dan nilai T 4.898 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa brand identity mempunyai pengaruh yang signifikan terhapap keputusan pembelian, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand Identity, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 05 May 2025 02:19
Last Modified: 05 May 2025 02:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9841

Actions (login required)

View Item
View Item