Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nama Hari Secara Berurutan Melalui Kegiatan Bernyanyi bagi Siswa Tunagrahita Sedang Classroom Action Research, di kelas DVIII/CI SLB YPAC Sumbar

Nofalia, Pina (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nama Hari Secara Berurutan Melalui Kegiatan Bernyanyi bagi Siswa Tunagrahita Sedang Classroom Action Research, di kelas DVIII/CI SLB YPAC Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_PINA_NOFALIA_83040_442_2012.pdf] Text
B1_2_PINA_NOFALIA_83040_442_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada di lapangan, terdapat satu orang siswa mengalami kesulitan menyebutkan nama hari secara berurutan di kelas D VIII/CI SLB YPAC Sumbar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengenal nama hari. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data mengenai pemahaman anak terhadap pengenalan nama hari diperoleh melalui observasi,wawancara, tes lisan, tes tulisan, perbuatan, dan studi dokumentasi. Peneliti
melakukan kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian seorang siswa di kelas DVIII/CI SLB YPAC Sumbar
Proses penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I selama tujuh hari dan siklus II lima hari. pelaksanaan siklus dimulai dari siklus pertama
melalui kegiatan bernyanyi dengan tujuan anak dapat menyebutkan dan mengurutkan nama hari dengan baik dan benar. Sehingga setelah diberikan perlakuan anak akan memperhatikan, menyebutkan, mengurutkan dan menulis di
buku serta mengambil kartu nama hari secara berurut. Hasil dari siklus ini dikategorikan belum berhasil seperti, siswa masih saja terbalik dalam menyebutkan nama hari maka, dilanjutkan pada siklus kedua. Pelaksanaan siklus
ke-dua masih menggunakan kegiatan bernyanyi dalam mengenal hari secara berurut. Pada siklus kedua ini kemampuan siswa dalam mengenal nama hari meningkat . Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa kegiatan
bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan pengenalan nama hari secara berurutan bagi siswa tunagrahita sedang di kelas DVIII/CI SLB YPAC Sumbar.Disarankan guru dapat menerapkan kegiatan bernyanyi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 05 May 2025 02:16
Last Modified: 05 May 2025 02:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9827

Actions (login required)

View Item
View Item