Martini, Martini (2016) Peningkatan Ketahanan Duduk Anak dengan Gangguan Hiperaktivitas Melalui Bermain Sorting Colour Kelas I di SD Al Azhar Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MARTINI_1100247_4601_2016.pdf [thumbnail of B1_2_MARTINI_1100247_4601_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MARTINI_1100247_4601_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada
anak dengan gangguan hiperaktivitas berinisial X yang mengalami masalah dalam
ketahanan duduk yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan
peningkatan ketahanan duduk anak dengan gangguan hiperaktivitas melalui
bermain sorting colour kelas I di SD Al Azhar Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbetuk Single Subject
Reseach (SSR) desain A-B-A. Subjek penelitian adalah anak dengan gangguan
hiperaktivitas. Pengukuran variabelnya menggunakan durasi (waktu) dengan alat
stopwatch. Data dianalisis dengan teknik analisis visual grafik terdiri dari analisis
dalam kondisi dan antar kondisi.
Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada
kondisi baseline (A1) sebanyak enam kali dengan mean level 2,33, kondisi
intervensi (B) sebanyak tujuh kali dengan mean level 6,85, dan pada kondisi
baseline (A2) sebanyak enam kali dengan mean level 5,83. Persentase overlape
pada kondisi baseline (A1) 0% dan kondisi baseline (A2) 14%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut disimpulkan bahwa bermain sorting colour dapat
meningkatkan ketahanan duduk anak dengan gangguan hiperaktivitas. Dari hasil
penelitian ini semoga bermanfaat bagi guru dan peneliti selanjutnya jika ditemui
masalah yang sama pada anak dengan gangguan hiperaktivitas lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 04 May 2025 07:45 |
Last Modified: | 06 May 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9813 |