Model Konseling Real-Life Story (RELIST) untuk Mengembangkan Karakter Mahasiswa

Nurfarhanah, Nurfarhanah (2021) Model Konseling Real-Life Story (RELIST) untuk Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_NURFARHANAH_1204385_462_2021.pdf] Text
B1_8_NURFARHANAH_1204385_462_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil temuan pada penelitian pendahuluan
yang dilakukan terhadap mahasiswa S1 kependidikan angkatan 2016 di
Universitas Negeri Padang. Diperoleh profil karakter mahasiswa pada umumnya
berada pada kategori tidak berkembang, selain itu terlihat adanya ketidaksesuaian
antara kebijakan yang telah dilakukan dengan pengembangan nilai-nilai karakter
mahasiswa. Hal ini dapat terjadi karena belum konsistennya pengimplementasian
nilai-nilai karakter dalam bentuk praktik nyata. Berkaitan dengan itu perlu adanya
program pengembangan karakter yang terwujud dalam perilaku berkarakter yang
berkelanjutan. Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) bagaimana hasil analisis
kebutuhan untuk merumuskan aspek-aspek yang dikembangkan untuk
mengembangkan karakter mahasiswa?, 2) bagaimana model konseling Real-Life
Story (RELIST) yang valid, praktis dan efektif untuk mengembangkan karakter
mahasiswa?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan
model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Sesuai dengan data hasil need assessment,
disusun garis-garis besar isi model, dihasilkan prototype model yang telah
divalidasi, diujicobakan terbatas pada kelompok kecil dan dilakukan evaluasi
terhadap masing-masing tahap. Data penelitian dikumpulkan menggunakan
kuesioner and observasi. Data yang terkumpul kemudian dilakukan analisa
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini
menghasilkan 3 (tiga) produk yaitu Buku Model, Panduan Praktik Konselor,
Lembar Aktivitas Karakter Mahasiswa (LAKM). Ketiga produk tersebut
dinyatakan valid oleh ahli baik dari aspek isi serta cover & sistematika sehingga
layak digunakan. Sedangkan uji efektivitas menunjukkan bahwa model konseling
Real-Life Story (RELIST) ini efektif mengembangkan karakter mahasiswa.
Berdasarkan temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model konseling
Real-Life Story (RELIST) untuk mengembangkan karakter mahasiswa ini valid
dan praktis serta dinilai tepat/sesuai/layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Konseling Real-Life Story
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:41
Last Modified: 03 May 2025 03:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item
View Item