Pengembangan Model Pembelajaran Mu‟allim (Tutor Sebaya) dalam Pembelajaran Alquran berbasis E-book

Khadijah, Khadijah (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Mu‟allim (Tutor Sebaya) dalam Pembelajaran Alquran berbasis E-book. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_KHADIJAH_1104256_4813_2021.pdf] Text
B1_8_KHADIJAH_1104256_4813_2021.pdf

Download (671kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan yang dilakukan
dalam mata kuliah Tahsinul Qur‟an ditemukan masalah bahwa kemampuan baca
Alquran mahasiswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sebuah Model Mu‟allim dalam Pembelajaran Alquran berbasis
E-book pada mahasiswa yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and
Development), metode dan prosedur pengembangan yang digunakan merujuk
pada model ADDIE (Analysis, Design,Development, Implementation and
Evaluation). Produk berupa buku E-book, pedoman dosen dan mahasiswa serta
RPS, yang dihasilkan diuji validitas, praktikalitas dan efektivitasnya.
Temuan penelitian adalah sebuah model Mu‟allim berbasis E-book dalam
pembelajaran Alquran yang dilengkapi dengan buku ( e-book), buku pedoman
dosen dan mahasiswa. Model dan system pendukung memenuhi kriteria validitas,
disusun berbasis model penelitian dan pengembangan dan layak digunakan
menurut para pakar. Model yang dihasilkan dikatakan valid dengan nilai 80,98 ,
dan nilai RPS 80,2, praktis menurut dosen dengan nilai 80,95 , praktis dari
mahasiswa dengan nilaii 80,1. Dan tingkat efektifitas model ini terhadap terhadap
hasil belajar adalah menunjukkan nilai t 2,828 >dari 2,756 , yang berarti terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas
kontrol. Penelitian ini telah menghasilkan Model Mu‟allim berbasis E-book dalam
pembelajaran Alquran yang valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pembelajaran Alquran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 02 May 2025 13:19
Last Modified: 02 May 2025 13:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item
View Item