Putri, Rita Kurnia (2013) Efektifitas Penggunaan Media Poster untuk Mengenalkan Pakaian Daerah bagi Anak Tunagrahita Ringan: Quasi Eksperiment di Kelas DIII/C Slb Al Hidayah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RITA_KURNIA_PUTRI_11584_5503_2013.pdf [thumbnail of B1_2_RITA_KURNIA_PUTRI_11584_5503_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RITA_KURNIA_PUTRI_11584_5503_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang penulis temukan pada mata pelajaran IPS di kelas D III/C SLB Al Hidayah Padang tentang pakaian daerah.Anak belum mengenal pakaian daerah. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran tidak adanya penggunaan media yang dapat menarik perhatian anak dalam belajar. Dalam belajar hanya menggunakan buku paket dan LKS saja. Sehingga dalam pembelajaran anak kurang berminat dan kurang bersemangat bahkan cendrung merasa bosan. Untuk itu perlu adanya media yang dapat mengatasi kebosanan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan pakaian daerah Sumatera ( Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam, Jambi) menggunakan media poster pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan kelas D III/C SLB Al Hidayah Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dengan desain pre test dan post test group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas D III/C di SLB Al Hidayah Padang yang berjumlah empat orang. Pengumpulan data penelitian ini meggunakan tes soal isian dan pilihan sebanyak 10 soal dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji U Mann Withney.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Uhit = 1 dan pada taraf signifikan 95% atau alfa=0,05 diperoleh Utab = 0 untuk n=4. Berdasarkan hasil tersebut maka kriteria pengujian Uhit > Utab, diterima, artinya dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini membuktikan bahwa penggunaan media poster efektif digunakan untuk mengenalkan pakaian daerah bagi anak tunagrahita ringan kelas DIII/C SLB Al Hidayah Padang. Maka dari itu penulis menyarankan kepada guru untuk memilih media yang sesuai dan menarik dengan karakteristik anak dalam pembelajaran salah satunya media poster
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 02 May 2025 13:13 |
Last Modified: | 02 May 2025 13:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9771 |