Analisis Kepuasan Wisatawan Tentang Penerapan Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang

Syahputra, Robby (2017) Analisis Kepuasan Wisatawan Tentang Penerapan Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ROBBY_SYAHPUTRA_1202033_1811_2017.pdf] Text
B1_04_ROBBY_SYAHPUTRA_1202033_1811_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap Penerapan Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Air Manis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kepuasan wiasatawan tentang penerapan Sapta Pesona objek wisata di Pantai Air Manis Padang dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), yang terdiri dari tujuh unsur sapta pesona yaitu: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah, dan kenangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. Populasi dari penelitian ini berjumlah 1.173 orang. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling, dengan jenis purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan mengetahui tingkat kepuasan berdasarkan empat kuadran diagram kartesius. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum Analisis Sapta Pesona di Pantai Air Manis dari 93 responden menyatakan 44,68% sangat puas, 34,04% kurang puas dan 21,28% tidak puas. Sedangkan berdasarkan masing-masing indikator (a) Aman 38,46% sangat puas, 23,08% kurang puas dan 38,46% tidak puas. (b) Tertib 37,5% sangat puas dan 62,5 kurang puas. (c) Sejuk 100% sangat puas. (d) Bersih 25% sangat puas, 37,5% kurang puas dan 37,5% tidak puas. (e) indah 66,67% sangat puas dan 33,33% tidak puas. (f) Ramah-tamah 83,3% sangat puas dan 16,7% tidak puas. (g) Kenangan 100% wisatawan kurang puas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Sapta Pesona, Wisatawan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 May 2025 09:47
Last Modified: 02 May 2025 09:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9763

Actions (login required)

View Item
View Item